Materi PKK kelas XII Media Promosi LANJUTAN
3. Jenis-Jenis Saluran Pemasaran Online
Terdapat jenis-jenis pemasaran online yang dapat Anda
terapkan pada usaha yang sedang dilakukan, yaitu :
a.
Social
Media Marketing
Penggunaan sosial media merupakan
alternatif untuk memasarkan suatu produk. Dengan metode ini, pelaku usaha dapat
mengunggah buku katalog maupun deskripsi secara singkat mengenai produk yang
akan dipasarkan. Umumnya, media sosial yang sering digunakan untuk promosi ini
adalah instagram, facebook, twitter, path, dan aplikasi lainnya.
b.
Reseller
atau Dropshipper
Reseller atau dropshipper menjadi
salah satu pekerjaan sampingan bagi sebagian orang. Tidak hanya itu, dengan
adanya reseller produk usaha yang dihasilkan memiliki penyebaran yang meluas di
kalangan masyarakat. Dengan begitu, metode pemasaran ini cocok dilakukan oleh
usaha yang memang masih berada di level bawah hingga usaha level atas.
Prinsip kerja dari metode ini adalah
seorang reseller akan mempromosikan suatu produk usaha kepada konsumen atau
calon konsumen. Terget pasar tersebut dapat diperoleh melalui relasi dari reseller.
Semakin banyak reseller maka semakin banyak pula konsumen dan calon konsumen
yang mengakibatkan profit dari sebuah usaha juga semakin meningkat.
c.
Email
Marketing
Dari sekian metode, email menjadi salah satu bagian dari
jenis-jenis pemasaran online yang dapat diakses secara online. Pelaku usaha
dapat melakukan pemasaran dengan cara mengirimkan pesan pada email konsumen.
Umumnya, pesan tersebut dibuat secara resmi untuk menunjukkan identitas dari
suatu usaha atau perusahaan.
d.
Influencer
Marketing
Tidak cukup dengan adanya sosial
media, ketika seseorang berencana untuk melakukan pemasaran secara online dan
akan menggunakan sosial media tersebut. Jumlah dari pengikut pada media sosial
juga sangat berpengaruh.
Maka dari itu, sebagian besar pelaku
usaha merekrut influencer yang cukup
diartikan sebagai seseorang yang mampu memberikan perubahan bagi orang lain.
Hal ini digunakan untuk menarik perhatian dan minat konsumen. Metode ini dapat
dilakukan melalui sosial media maupun iklan di website, youtube, maupun iklan
di televisi.
e.
Google
Ads
Google adwords atau google ads merupakan bagian dari
jenis-jenis pemasaran online efektif, dengan cara menempatkan iklan pada mesin
pencarian google. Dengan metode ini, profil dari produk usaha diatur sedemikian
rupa untuk menempati urutan pertama pada mesin pencarian google.
Manfaat dari penggunaan google ads ini yaitu kemudahan
penargetan iklan baik itu berdasarkan keyword, lokasi iklan, usia, bahasa,
hari, waktu, dan perangkat. Manfaat selanjutnya adalah pemberian kendali biaya,
mempermudah penilaian kesuksesan usaha, dan pengelolaan kampanye usaha yang
lebih efektif.
f.
Search
Engine Optimization (SEO)
Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah satu dari
jenis-jenis pemasaran online yang dilakukan dengan mengoptimalkan sebuah
website pihak perusahaan atau pelaku usaha. Website menjadi salah satu media
untuk memasarkan produk.
Tentunya, pada website tersebut diperlukan konten yang
menjelaskan mengenai deskripsi produk baik secara umum maupun mendetail. Dengan
adanya SEO maka akan diperoleh hasil pencarian nomor teratas untuk konten
website sehingga akan lebih mudah dikunjungi oleh konsumen.
g.
Search
Engine Marketing (SEM)
Search
Engine Marketing (SEM) juga memiliki prinsip yang sama dengan SEO. Pada metode
ini, dilakukan peningkatan visibilitas website pada laman pencarian google.
4. Pemasaran melalui media sosial
a. Facebook
Media sosial satu ini
masih menjadi pilihan banyak orang untuk menjalin komunikasi dengan rekan dan
keluarga. Keberadaan mereka menjadi salah satu alasan mengapa Facebook menjadi
media sosial yang banyak dijadikan media promosi online selain di situs bisnis.
Penggunaan Facebook sebagai media promosi pun diakui relatif mudah oleh para
pemain bisnis online bahkan tidak sedikit dari para pebisnis yang sudah
memiliki toko fisik pun memanfaatkan Facebook sebagai media promosi produk.
Tidak jarang juga
bisnis yang sukses bermula dari mengenalkan produk mereka melalui Facebook.
Bagaimana cara agar promosi melalui Facebook cukup sukses? Pertama, pastikan
halaman utama Facebook Anda menarik konsumen karena hal ini akan menjadi daya
tarik yang membuat calon konsumen memberikan Like. Like inilah yang menjadi
langkah kedua yang harus Anda dapatkan sebanyak mungkin. Ketiga, jangan lupa
untuk mengenali target pelanggan dengan mencari orang-orang yang memiliki
ketertarikan dengan halaman Facebook Anda. Terakhir, fokuslah untuk membuat
konten yang menarik.
b. Twitter
Selain Facebook,
Twitter juga menjadi salah satu media sosial online yang banyak digunakan sebagai
media bisnis online. Meski awalnya hanya didesain untuk bisa berbagai status
yang terkenal dengan maksimal 160 karakter, kini Twitter mampu menjadi media
yang cukup ampuh untuk memasarkan produk. Media ini dinilai mudah dijangkau
oleh pelanggan toko online manapun karena dengan ponsel cerdas
(smartphone) masyarakat dapat dengan
mudah mengakses microweb satu ini.
Beberapa cara untuk
memaksimalkan promosi dan pemasaran produk melalui Twitter adalah dengan
memperbanyak jumlah follower, mengirimkan tweet secara teratur, mempromosikan
situs secara teratur, menentukan waktu posting tweet, menyewa buzzer untuk
meningkatkan promosi, atau dengan saling promo akun twitter bisnis online
lainnya.
c. Instagram
Nampaknya media sosial
satu ini sekarang sedang menjadi primadona media bisnis online. Selain karena
bisa menampakkan foto produk juga karena caption yang bisa ditulis dengan lebih
panjang dibandingkan Twitter. Instagram juga mudah diakses dari ponsel cerdas
dan sedang menjadi media sosial pendongkrak eksistensi paling tinggi di
kalangan anak muda. Inilah kesempatan bagi Anda untuk mempromosikan produk dan
bisnis dengan mudah karena calon konsumen pun lebih banyak berkumpul di media
sosial ini. Hashtag adalah salah satu kekuatan promosi yang luar biasa jika Anda
menggunakan Instagram sebagai media bisnis. Selain itu, aktif berinteraksi
dengan para pelanggan juga menjadi salah satu trik yang bisa membuat pelanggan
menaruh perhatian lebih pada bisnis Anda.
d. Path
Path awalnya dikenal
sebagai media sosial yang eksklusif karena keterbatasan jumlah teman yang bisa
ditambahkan pada akun ini. Meskipun begitu, bukan berarti akun ini tidak bisa
dijadikan media promosi dan pemasaran online. Dailybeautyhouse merupakan salah
satu bisnis yang melengkapi promosi mereka dengan menggunakan Path. Bisa
dikatakan bahwa Path merupakan bentuk private dari Facebook dan Twitter namun
bukan berarti media sosial satu ini tidak bisa memberikan Anda kesempatan
memperluas jaringan dan pasar.
e. Kaskus
Media sosial satu ini
tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam mempromosikan produk. Kaskus
dikenal sebagai market place yang banyak digunakan untuk berjualan dan dianggap
sebagai media sosial paling ampuh untuk berbisnis terlebih dengan hadirnya
Forum Jual Beli. Memang perlu Anda ketahui bahwa tidak mudah melakukan promosi
dan bisnis di Kaskus karena banyaknya penipuan dari bisnis online yang bermula
di media sosial ini namun bukan berarti tidak mungkin Kaskus dijadikan media
bisnis yang ampuh
f.
Google+
Media sosial pesaing
Facebook yang bisa menjadi media promosi dan pemasaran online Anda adalah
Google+. Dengan menggunakan akun ini, banyak pebisnis yang akhirnya mampu
mempromosikan bisnis online mereka. Tahukah Anda jika Youtube ternyata
merupakan produk Google yang kini juga tidak kalah ramai digunakan sebagai
media promosi online? Beberapa cara mudah untuk memaksimalkan penggunaan
Google+ sebagai media bisnis online Anda adalah dengan menyaring dan mengatur
Gmail dengan Google+ Circles, membuat interaksi dengan Hangouts, mengedit dokumen
bersama dengan rekan, dan juga merencanakan serta mengatur acara.
g. Market Place
Nah selain menggunakan media sosial seperti yang disebutkan di atas, Anda juga bisa menggunakan situs marketplace seperti OLX.co.id, tokobagus.com, elevenia.com, dan lain-lain. Marketplace ini sangat membantu para pebisnis online untuk memiliki halaman toko mereka sendiri dan melakukan aktivitas promo dan pemasaran produk mereka. Tidak jarang para pemilik bisnis yang sudah memiliki toko fisik pun membuat halaman toko mereka di berbagai marketplace guna memperluas jaringan dan mendapatkan lebih banyak konsumen.
h. Blog
Media satu ini memang memiliki kemiripan dengan website secara sekilas namun penggunaan blog hanya sebatas untuk mendukung usaha promosi. Caranya dengan memuat berbagai artikel seputar bisnis dan produk toko online bahkan jika Anda mau memuat berita terbaru mengenai toko online Anda dan menunjukkan prestasi yang sudah diraih. Untuk semakin mengoptimalkan penggunannya, banyak dari pebisnis online yang menggunakan blog juga menggunakan teknik SEO guna semakin menarik lebih banyak pelanggan.
i.
Email Marketing
Email marketing dianggap sebagai
metode kuno di antara media online lainnya namun jangan remehkan kekuatan media
satu ini. Email marketing dikenal memiliki kekuatan yang cukup besar untuk
melakukan promosi secara online karena ini merupakan sumber besar untuk
mengirimkan berita promosi hingga penawaran produk terbaru pada para pelanggan.
j.
Youtube
Website broadcast yang didirikan pada tahun 2005 ini telah menjadi media banyak orang dalam mengekspresikan diri mereka melalui video. Youtube merupakan salah satu website yang saat ini sangat diminati oleh banyak orang dari segala golongan, usia dan jenis kelamin. Oleh karena mempromosikan bisnis di Youtube sudah merupakan bagian wajib dari sebuah rencana promosi suatu usaha. Langkah utama jika ingin mempromosikan bisnis pada Youtube adalah mengupload video melalui akun pribadi lalu pilih kategori yang tepat untuk jenis bisnis yang akan dipromosikan, judul video haruslah menarik dan mengandung banyak keywords yang banyak digunakan orang untuk memperbesar kemungkinan muncul pada laman pertama pada Youtube saat hasil pencarian video terkait keywords keluar.
5. Delapan Elemen Penting dalam Membuat
Video yang Bagus untuk Promosi
Di bawah ini terdapat 8 elemen penting dalam membuat video
yang bagus untuk promosi.
a. Gambar dan Teks Harus Jelas
Dalam pembuatan video untuk keperluan promosi maupun branding
companies, Anda harus merekam gambar bergerak dan menambahkan teks untuk mendukung
keunggulan produk yang ditawarkan. Perlu diketahui pula, teks hanya digunakan
sebagai elemen pendukung dalam video, bukan suatu keharusan, apalagi sampai
memasukkan terlalu banyak teks yang akhirnya mengganggu estetika video.
b. Komponen Harus Proporsional
Video yang bagus tidak hanya jelas, tetapi juga proporsional.
Gambar visual, suara, musik, dan teks harus ditambahkan dengan komposisi yang
pas, sehingga membuat audiens lebih tertarik untuk terus menonton. Penggunaan
warna teks juga harus sesuai dan tidak mencolok. Intinya, semua aspek di dalam
video benar-benar diatur dengan baik agar tak mengganggu kenyamanan audiens
saat menonton video Anda ini. Jangan sampai sibuk menata estetika video, lalu
lupa unsur intrinsik dan pesan yang disampaikan dari produk Anda
terlupakan.
c. Isi Video Harus Tepat
Dalam video promosi, jangan menampilkan konten yang
bertele-tele hanya demi memperpanjang durasi. Perlu diketahui, kebanyakan orang
akan memutuskan dalam waktu kurang lebih 5-8 menit pertama, apakah lanjut menonton
video Anda atau tidak. Sebagai pemilik
ide untuk video marketing, Anda harus membuat konsep isi video terlebih dahulu
sebelum masuk ke proses pembuatan videonya. Buatlah isi sesuai dengan kebutuhan
dari produk yang dipromosikan, termasuk apa yang ingin dicapai dari video ini.
Pastikan konten video memiliki isi yang singkat, jelas, dan tepat.
d. Menambahkan Pesan
Berbisnis bukan hanya tentang bagaimana cara menjual produk
sebanyak-banyaknya, tetapi perlu juga menambahkan pesan yang bermanfaat dalam
digital video production. Sisipkanlah pesan, baik berupa kata-kata bijak,
humor, ataupun tutorial, sehingga banyak audiens yang akhirnya tertarik untuk
membeli produk setelah mereka menonton video Anda.
e. Membuat Opening Video yang Menarik
Video branding dibuat untuk mengenalkan brand sekaligus
produk atau jasanya agar dikenal masyarakat umum, maka buatlah video dengan
memperhatikan semua elemen penting yang memang seharusnya ada dalam video,
terutama pada bagian opening di 10 detik pertama harus menarik. Opening bisa
berupa cuplikan adegan atau percakapan. Bisa pula berupa narasi dalam bentuk
pertanyaan yang mengajak audiens untuk menonton video agar tahu jawaban atas
pertanyaan tersebut.
f. Memasukkan Audio dalam Video
Video marketing memerlukan elemen penting lain di luar
tampilan visual gambar bergerak, yaitu audio. Penambahan audio yang jelas dan
enak untuk dinikmati akan menambah kenikmatan audiens menonton video. Jadi
pilihlah audio yang sesuai dengan tayangan visual sekaligus dengan produk dan
isi konten videonya. Satu lagi, jika video ditayangkan di media sosial,
pastikan lagu atau musik yang ditayangkan tidak melanggar hak cipta.
g. Jangan Lupakan Storytelling
Konten video harus disampaikan dengan gaya bercerita atau
storytelling untuk menghasilkan video promosi yang bagus dan berisi pesan-pesan
inspiratif yang dapat membawa audiens masuk ke dalam cerita. Bagus lagi kalau
ceritanya bisa meninggalkan kesan yang mendalam hingga diingat dengan baik oleh
audiens. Otomatis mereka akan ingat pula dengan produk dan brand Anda. Membuat
video yang disertai storytelling akan membuat audiens tidak seperti sedang
menonton video marketing atau sekadar video berisi jualan saja, melainkan
seakan menonton tayangan film yang menghibur. Sekali lagi, pastikan video Anda
ini memiliki value.
h. Menambahkan Motion Grafis
Video promosi juga perlu dilengkapi dengan motion grafis agar
tampak lebih menarik dan unik. Elemen-elemen grafis dapat digabungkan menjadi
satu dengan berbagai aplikasi pembuat video yang sudah banyak tersedia, bahkan
bisa berbentuk 2D atau 3D. Dengan menambahkan motion grafis, video tidak
terkesan monoton dan terlihat sangat dinamis. Video promosi yang bagus bisa
menambahkan beberapa elemen grafis menjadi satu kesatuan yang digunakan untuk
menarik perhatian dari banyak audiens.
Komentar
Posting Komentar