MEDIA PROMOSI MATERI PKK KELAS XII SMK
PRODUK
KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN
KELAS XII
MEDIA PROMOSI
A. Pengertian Promosi
Menurut Kotler dan Gary A. dalam Alexander Sindoro (2000)
Promosi
adalah ramuan khusus dari iklan pribadi, promosi penjualan dan hubungan
masyarakat yang dipergunakan perusahaan untuk mencapai tujuan iklan dan pemasarannya.
Menurut
Basu Swastha dalam Marius P. Angipora (1999)
Promosi
adalah Kombinasi strategi yang paling baik dari variabel-variabel periklanan,
personal selling dan alat Promosi lainnya, yang kesemuanya direncanakan untuk
mencapai tujuan program penjualan.
B. Fungsi Promosi
Berikut
ini terdapat beberapa fungsi promosi, terdiri atas:
1) Informing (Memberikan Informasi)
2) Persuading (Membujuk)
Media
promosi atau iklan yang baik akan mampu mempersuasi pelanggan untuk mencoba
produk dan jasa yang ditawarkan. Terkadang persuasi berbentuk mempengaruhi
permintaan primer, yakni menciptakan permintaan bagi keseluruhan kategori
produk. Lebih sering, promosi berupaya untuk membangun permintaan sekunder,
permintaan bagi merek perusahaan yang spesifik.
3) Reminding (Mengingatkan)
Iklan
menjaga agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen. Saat
kebutuhan muncul, yang berhubungan dengan produk dan jasa yang diiklankan,
dampak promosi di masa lalu memungkinkan merek pengiklan hadir di benak
konsumen.Periklanan lebih jauh didemonstrasikan untuk mempengaruhi pengalihan
merek dengan mengingatkan para konsumen yang akhir-akhir ini belum membeli
merek yang tersedia dan mengandung atribut-atribut yang menguntungkan.
4) Adding Value (Menambah nilai)
Terdapat
tiga cara mendasar dimana perusahaan bisa memberi nilai tambah bagi
penawaran-penawaran mereka, inovasi, penyempurnaan kualitas, atau mengubah
persepsi konsumen. Ketiga komponen nilai tambah tersebut benar-benar
independen.Promosi yang efektif menyebabkan merek dipandang lebih elegan, lebih
bergaya, lebih bergengsi dan bisa lebih unggul dari tawaran pesaing.
5) Assisting (Mendampingi upaya-upaya lain dari perusahaan)
Periklanan
merupakan salah satu alat promosi. Promosi membantu perwakilan penjualan. Iklan
mengawasi proses penjualan produk-produk perusahaan dan memberikan pendahuluan
yang bernilai bagi wiraniaga sebelum melakukan kontak personal dengan para
pelanggan yang prospektif. Upaya, waktu, dan biaya periklanan dapat dihemat
karena lebih sedikit waktu yang diperlukan untuk memberi informasi kepada
prospek tentang keistimewaan dan keunggulan produk jasa. Terlebih lagi, iklan
melegitimasi atau membuat apa yang dinyatakan klaim oleh perwakilan penjual
lebih kredibel.
Kelima
fungsi yang disebutkan di atas lebih ditujukan kepada konsumen. Di samping itu
promosi juga memiliki tujuan untuk memenangkan persaingan dengan kompetitor.
Salah satu strategi memenangkan persaingan dalam dunia pemasaran atau promosi
adalah menggunakan Public Relations dengan baik.
C. Tujuan Promosi
Berikut
ini terdapat beberapa fungsi promosi, terdiri atas:
1) Menumbuhkan
persepsi pelanggan terhadap suatu kebutuhan (category need);
2) Memperkenalkan
dan memberikan pemahaman tentang suatu produk kepada konsumen (brand
awareness);
3) Mendorong
pemilihan terhadap suatu produk (brand attitude);
4) Membujuk
pelanggan untuk membeli suatu produk (brand purchase intention);
5) Mengimbangi
kelemahan unsur bauran pemasaran lain (purchase facilitation);
6) Menanamkan citra produk dan perusahaan (positioning).
Jenis-jenis promosi
1.
Periklanan
Media periklanan digunakan untuk menampilkan konten promosi yang
dikomunikasikan dalam berbagai bentuk seperti teks, ucapan, gambar, video,
televisi, radio, dan lain-lain. Pada dasarnya media periklanan adalah saluran
di mana perusahaan dapat mengiklankan produk dan layanan mereka untuk menjangkau
pelanggan yang lebih besar.
a. Jenis-
jenis media periklanan
Media periklanan merupakan ranah penting dalam bisnis dan periklanan. Seiring dengan perjalanan sejarah periklanan dan sejarah perkembangan teknologi komunikasi, terdapat banyak sekali cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk kepada khalayak atau pelanggan. Biasanya, perusahaan menggunakan berbagai jenis media periklanan yang dipilih berdasarkan beberapa parameter seperti anggaran, keterjangkauan, preferensi konsumen dan lain-lain. Pemilihan media periklanan yang tepat dapat membantu perusahaan untuk memasarkan produk dan layanan kepada calon pelanggan dan pelanggan.
Adapun
jenis-jenis media periklanan yang biasa digunakan oleh perusahaan untuk
membantu mempromosikan produk dan layanannya dapat dikelompokkan ke dalam
beberapa jenis, yaitu :
1) Media
cetak
2) Media penyiaran
Televisi
dan radio merupakan dua media penyiaran yang paling sering digunakan dalam
periklanan. Hal ini disebabkan karakeristik media penyiaran yang dapat
menjangkau khalayak yang sangat luas dan bersifat audio visual membuat
perusahaan memanfaatkan kelebihan ini
untuk mempromosikan produk dan layanan. Misalnya, televisi umum digunakan untuk
mengiklankan perusahaan. Sementara itu, radio memiliki kekuatan untuk
menjangkau khalayak luas yang tidak dapat dijangkau oleh media periklanan
lainnya. Radio sangat efektif untuk mengiklankan produk atau layanan
berdasarkan khalayak sasaran yang telah ditentukan berdasarkan segmentasi
geografis.
3) Media
luar ruang
4) Media daring
Seiring
dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang
ditandai dengan kehadiran internet sebagai media komunikasi telah membuat
perusahaan mulai menggunakan media daring sebagai media promosi. Kini semakin
banyak orang yang menggunakan berbagai produk teknologi komunikasi dan
informasi seperti media sosial, situs jejaring sosial dan lain-lain. Hal ini
memberikan peluang bagi perusahaan untuk menggunakan media daring sebagai salah
satu media yang digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan.
5) Media
khusus
Yang
termasuk media periklanan khusus misalnya barang yang mencantumkan merek atau
nama perusahaan dan diberikan kepada konsumen agar dikenal oleh banyak orang.
Misalnya, tas, kartu anggota, topi, ballpoint, dan lain sebagainya. Jenis media
periklanan ini memiliki jangkauan khalayak yang sempit dibandingkan dengan
media periklanan lainnya.
6) Media
bergerak
Media
bergerak dalam periklanan mengacu pada telepon pintar. Penggunaan telepon
pintar yang semakin massif di era digital seperti sekarang membuat perusahaan
atau pengiklan harus membuat iklan bergerak yang dapat membantu promosi produk
atau layanan kepada khalayak melalui SMS, media sosial, dan lain-lain.
Komentar
Posting Komentar