MARKETING MIX Materi PKK kelas XII
1.
Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix
Strategy)
Strategi bauran pemasaran atau akrab dikenal dengan sebuta marketing mix merupakan strategi taktis pemasaran dengan pengkobinasian dan pengendalian faktor - faktor yang berpengaruh dalam kesuksesan pemasaran yang meliputi produk, price, place, promotion, participant, proses, dan peopel physical evidence untuk keberhasilan dalam melampaui target pemasaran dan memperoleh tingkat kepuasan konsumen yang tinggi.
Awalnya konsep bauran pemasaran dikenal dengan istilah 4P (Product, Price, Place, Promotion). Kemudian pakar marketing Boom dan Bitner menambahkan bauran pemasaran dalam bisnis jasa menjadi 7P. Hingga kini konsep marketing mix dianggap telah mengalami perkembangan menjadi 7P. Berikut masing-masing penjelasan selengkapnya
a) Product (Produk)
Product yang dimaksud di sini adalah sesuatu yang dijual dalam bisnis atau perusahaan. Baik itu barang maupun jasa yang memiliki nilai guna serta yang sedang dibutuhkan oleh konsumen. Kunci keberhasilan pemasaran produk adalah barang dan jasa tersebut haruslah menjawab kebutuhan konsumen.Tidak hanya itu saja sebetulnya. Suatu barang atau jasa dituntut harus memiliki nilai lebih dibanding produk lain. Hal itu supaya produk tersebut bisa menjadi pilihan konsumen. Apalagi saat ini persaingan sangat ketat. Ada banyak sekali produk serupa dan sejenis yang sengaja dilempar ke pasar dalam waktu bersamaan.
b) Price (Harga)
Price atau harga merupakan
sejumlah uang yang harus dikeluarkan oleh konsumen untuk mendapatkan barang dan
jasa yang dijual. Harga sudah menjadi aspek yang tidak kalah penting. Maka
penentuannya perlu pertimbangan yang matang. Hal ini karena seringkali konsumen
menggunakan harga sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli suatu barang
maupun jasa. Harga ini sifatnya sangat flexible. Oleh karena itu, ada baiknya
perusahaan untuk mengikuti alur dinamika pasar dalam penentuan harga produk
pada nilai yang tepat. Bagaimana menentukan harga yang tepat? Harga dianggap
sudah dalam level yang tepat adalah di mana suatu harga tetap diterima
konsumen. Namun sekaligus perusahaan masih bisa mendapatkan keuntungan.
c) Place (Tempat)
Konsep 7P selanjutnya adalah
place atau tempat. Tempat ini maksudnya adalah lokasi untuk melakukan proses
jual beli produk baik barang maupun jasa. Konsep ini sangat penting terutama
bagi usaha konvensional. Perusahaan dengan bisnis konvensional harus paham
betul di mana lokasi yang strategis. Setidaknya yang mudah dikunjungi oleh
konsumen. Namun itu dikhususkan untuk bidang usaha konvensional saja. Sementara
saat ini sudah marak yang namanya bisnis modern atau bisnis online. Oleh karena
itu di jaman ini pengertian aspek tempat lebih beragam. Terutama disesuaikan
dengan media yang digunakan.
d) Promotion (Promosi)
Tujuan utama dari promosi adalah supaya konsumen lebih mengenal serta merasa tertarik untuk mencoba membeli produk. Baik itu produk berupa barang maupun jasa. Dalam kegiatan promosi, perusahaan harus mampu mengubah persepsi konsumen menjadi positif terhadap produk yang dijual. Promosi bisa dilakukan dengan beragam cara. Baik itu secara offline misalnya face to face, atau door to door. Hingga pemasaran secara online yaitu melalui media social, internet, dan masih banyak lagi.
e) Process (Proses)
Aspek proses merupakan gabungan
dari keseluruhan aktivitas. Mulai dari prosedur, jadwal pekerjaan, aktivitas,
mekanisme, serta hal-hal rutin lainnya. Seluruh aktivitas tersebut berhubungan
dengan produk yang dihasilkan serta disampaikan kepada konsumen. Perusahaan
atau bisnis harus mengutamakan aspek proses ini. Mengapa? Karena proses berhubungan
langsung dengan pihak konsumen.
Sementara konsumen sendiri merupakan pihak yang menerima produk baik barang maupun jasa yang dibuat oleh perusahaan. Dalam aspek proses ini akan terdapat aktivitas pelayanan serta proses transaksi. Perusahaan harus terus berusaha untuk memberikan pelayanan yang memuaskan untuk konsumen dengan beragam teknik sampai mereka merasa puas.
f) People (Orang)
Termasuk juga dalam konsep 7P
adalah people atau aspek orang. Yang dimaksud people disini tentu bukan hanya
konsumen saja. Namun seluruh SDM yang terlibat, termasuk pekerja hingga tim
bisnis. Khusus untuk aspek ini sangat penting untuk diperhatikan. Hal tersebut
dikarenakan setiap orang tentunya punya kecenderungan yang berbeda dalam
mengelola bisnis.
Namun SDM yang berhubungan
langsung dengan pelayanan dianggap sebagai bagian paling vital. Bagian SDM
pelayanan akan langsung dapat mempengaruhi persepsi pembeli, pribadi pelanggan,
sekaligus pelanggan lain yang ada di lingkungan pelayanan tersebut. Pada
intinya perusahaan perlu menaruh perhatian lebih pada SDM yang terlibat dalam
kegiatan bisnis.
g) Physical Evidence (Bukti Fisik)
Terakhir yang masuk dalam konsep 7P adalah bukti fisik/physical evidence yaitu semua perangkat yang digunakan sebagai pendukung berjalannya sebuah bisnis. Untuk bisnis skala besar, sudah pasti semakin banyak membutuhkan perangkat. Selain itu akan semakin kompleks pula fungsi serta penggunaannya.
Komentar
Posting Komentar