Contoh penerapan strategi pemasaran produk_Mapel PKK SMK kelas XII
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK AQUA
Sejarah
https://aqua.co.id/brand/aqua |
VISI dan MISI
Visi
Menginspirasi masyarakat indonesia untuk Hidrasi yang lebih sehat
Misi
Melalui misi dan komitmen ganda untuk kemajuan bisnis dan sosial, Danone memiliki tujuan membangun masa depan yang lebih sehat dari gaya hidup yang sehat, bumi yang sehat, dan ekosistem yang sehat.
Kajian teori
Menurut Basu Swastha Dharmmesta dan T. Hani Handoko); segmentasi pasar adalah membagi pasar menjadi segmen-segmen pasar tertentu yang dijadikan sasaran penjualan yang akan dicapai dengan marketing mix tertentu.
Philip Kotler Dan Gary Amstrong;Segmentasi pasar merupakan suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli
Jenis-Jenis Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar ini hanya dilakukan sang pelaku usaha kecil, namun juga pelaku usaha besar. Dengan ini, kenaikan pangkat produk atau jasa diperlukan mampu lebih sempurna target sebagai akibatnya penjualan bisa meningkat. Dalam hal ini, masih ada 6 jenis segmentasi pasar, yaitu :
- Segmentasi Perilaku
Segmentasi ini membagi konsumen menurut pengetahuan, loyalitas, respon & penggunaan konsumen terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan. Anda juga mampu membaginya menurut seberapa akbar manfaat yang diperoleh konsumen menurut produk / jasa Anda. Apabila Anda menjual kuas make-up, lakukan kenaikan pangkat online Anda pada lokasi yang menjual make-up. Hal ini akan menaruh Anda peluang lebih akbar menerima pelanggan daripada menjualnya pada lapak indera make-up. - Segmentasi Psikografis
Segmentasi ini membagi konsumen menurut hal yang disukai, aktivitas yang dilakukan dan pendapat konsumen. Dengan istilah lain, segmentasi ini serius dalam dimensi psikologis, misalnya hobi dan ketertarikan. Anda akan lebih gampang menjual kitab tulis handmade bila Anda melakukan kenaikan pangkat pada gerombolan kalangan penulis & penerbit atau perusahaan menggunakan mengincar pegawai administrasi & sekretaris. - Segmentasi Demografis
Strategi ini membagi konsumen menurut ciri generik konsumen, misalnya: usia, gender, pekerjaan, pendidikan, pendapatan & lainnya. Segmentasi ini sebenarnya relatif gampang dilakukan lantaran jumlah konsumen yang poly. Tetapi juga relatif sulit lantaran pangsa pasarnya sangat luas. Sehingga membutuhkan bisnis yang lebih akbar & pembagian yang lebih rinci supaya menerima konsumen yang sangat sesuai. - Segmentasi Geografis
Strategi ini membagi konsumen menurut unit geografis yang berbeda, misalnya negara, provinsi, kabupaten/ kota, & sebagainya. Dalam hal ini, Anda dapat menggabungkan segmentasi geografis memakai segmentasi demografis. Apabila Anda jual mobil golf menggunakan harga yang relatif mahal, maka pangsa pasar yang mampu Anda pilih merupakan perusahaan-perusahaan besar juga yang ada di Jakarta. - Segmentasi Waktu Khusus
Segmentasi ini serius dalam pelaksanaan pemasaran dalam saat-saat tertentu. Misalnya, bila Anda mempunyai bisnis fotografi, maka Anda bisa membuka stan-stan fotografi pada sekolah atau universitas yang sedang menyelenggarakan wisuda. apabila Anda menjual minuman, maka saat nir lagi krusial bagi Anda lantaran Anda hanya perlu menunggu orang haus buat tiba ke loka Anda. - Segmentasi Budaya
Setiap budaya mempunyai agama masing-masing. Mengetahui agama setiap budaya & menggunakannya menjadi pendekatan pemasaran bisa menarik lebih poly konsumen.
(https://pintek.id/blog/segmentasi-pasar/)
Analisis Kasus pada produk AQUA
Penerapan strategi segmenting pada produk AQUA
- Segmentasi berdasarkan demografi : Dalam hal ini produsen AQUA menerapkan segmentasi berdasarkan demografi, terbukti dengan produk AQUA bisa dikonsumsi oleh segala usia dari usia anak-anak, remaja,dewasa bahkan manula. Selain itu juga produk AQUA harganya terjangkau oleh semua kalangan baik konsumen yang memiliki pendapatan rendah maupun tinggi dengan tersedianya berbagai variasi produk AQUA dari kemasan gelas sampai kemasan PET yang 2L
- Segmentasi berdasarkan geografi : Dengan berdirinya pabrik AQUA di berbagai wilayah di Indonesia, hal tersebut menunjukkan bahwa dalam pasar nasional produk AQUA melayani konsumen yang berada di wilayah indonesia baik masyarakat pedesaan maupun perkotaan. wilayah
- Segmentasi berdasarkan Perilaku : Produk AQUA mengutamakan kualitas baik dalam proses produksi sampai proses distribusi sehinggan menghasilkan produk yang terjamin kehigienisannya sehingga konsumen yang sangat mengutamakan kesehatan dapat mengandalkan produk AQUA untuk menyuplai asupan air mineral yang berkualias sehingga kesehatan bisa terjaga dengan baik.
- Segmentasi berdasarkan Psikografis : Produk AQUA tersedia dengan berbagai macam ukuran mulai dari kemasan gelas/cup, kemasan botol PET dengan berbagai ukuran sehingga memudahkan bagi konsumen yang menghendaki kepraktisan dalam memenuhi kebutuhan air mineralnya bahkan pada saat melakukan perjalann jauh konsumen dapat dengan mudah menemukan produk AQUA di berbagai tempat.
Komentar
Posting Komentar